PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI TOKO SEPATU RIZKY SIBOLGA

Penulis

  • Rizky Putra Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah Sibolga
  • Kaharuddin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah Sibolga
  • Nur’Ainun Hasibuan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al Washliyah Sibolga

Kata Kunci:

Lokasi, Harga dan Keputusan Berbelanja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Toko Sepatu Rizky Sibolga. Jenis yang digunakan adalah penelitian studi kolerasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sampel yang diambil sebanyak 60 responden. Teknik analisis data menggunakan uji kelerasi berganda, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis seperti uji t dan uji f.

Berdasarkan hasil uji t hipotesis pertama diperoleh nilai thitung 0,462 < ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,646 > 0,05. Karena t hitung lebih kecil dari ttabel maka, hasil hipotesis ini dapat menyatakan secara parsial variabel Lokasi (X1) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berbelanja (Y) pada Toko Sepatu Rizky Sibolga. Pada hipotesi kedua thitung Harga yaitu thitung 7,620 > t tabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka, hasil hipotesis ini dapat menyatakan secara parsial variabel Harga (X2) mempunyai pengaruh yang sigsnifikan terhadap Keputusan Berbelanja (Y) pada Toko Sepatu Rizky Sibolga. Hasil hipotesis ketiga dapat dilihat dari fhitung sebesar 100,260 dan ftabel sebesar 3,159 dapat dikatakan bahwa fhitung > f tabel. Sedangkan nilai signifikan sebesar 0,000 dibawah 0,05 atau 0,000 < 0,05. Maka penelitian ini secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan antara Lokasi (X1) dan Harga (X2) terhadap Keputusan Berbelanja (Y) pada Toko Sepatu Rizky Sibolga.

Kata Kunci: Lokasi , Harga Dan Keputusan Berbelanja

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-15